Manfaat tanaman Ciplukan untuk menyembuhkan penyakit Stroke,Diabetes dan lainnya

Tanaman ini memiliki nama berbeda di masing-masing daerah di Nusantara, misalnya Ceplukan untuk di Jawa; Cecendet di Sunda; Yor-yoran di Madura; Lapinonat di Seram; Angket/Kepok-kepokan/Keceplokan di Bali; Dedes di Sasak; Leletokan di Minahasa; bahkan tanaman ini bernama Morel berry di Inggris.

Rupa-rupanya tanaman berkhasiat ini, merupakan tumbuhan liar, berupa semak/perdu yang rendah (biasanya tingginya sampai 1 meter) dan mempunyai umur kurang lebih 1 tahun. Tumbuhan ini tumbuh dengan subur di dataran rendah sampai ketinggian 1550 meter diatas permukaan laut, tersebar di tanah tegalan, sawah-sawah kering, serta dapat ditemukan di hutan-hutan jati.
Bunganya berwarna kuning, buahnya berbentuk bulat dan berwarna hijau kekuningan bila masih muda, tetapi bila sudah tua berwarna coklat dengan rasa asam-asam manis. Buah Ciplukan yang muda dilindungi cangkap (kerudung penutup buah).

Buah Ciplukan mengandung senyawa kimia asam sitrun dan fisalin. Selain itu buah Ciplukan juga mengandung Asam Malat, Alkaloid, Tanin, Kriptoxantin, Vitamin C dan Gula. Dan penyakit uang dapat diobati dengan tanaman ini diantaranya Diabetes melitus, Sakit paru-paru, Ayan, dan Borok.

Berikut adalah Manfaat tanaman ciplukan untuk pengobatan herbal yang perlu anda ketahui :

Mengobati Borok
Cara meramu :  Silahkan anda siapkan satu genggam daun ciplukan ditambah dua sendok air kapur sirih lalu tumbuk hingga halus setelah itu anda tempelkan pada bagian kulit yang sakit atau borok tersebut.

Mengobati Diabetes Mellitus
Cara meramu : Siapkan tanaman ciplukan yang sudah mempunyai buah lalu cabut beserta akar-akarnya lalu anda bersihkan sampai benar-benar bersih. Setelah itu anda rebus dengan takaran tiga gelas air sampai mendidih dan tersisa sekitar satu gelas air , kemudian anda saring dan siap anda minum. Lakukan satu kali dalam sehari.

Mengobati sakit paru-paru dan stroke
Cara meramu :Silahkan anda lakukan hal yang sama seperti cara kedua , bedanya disini anda harus meminumnya 3 kali sehari satu gelas.

Mengobati Ayan
Cara meramu : Siapkan 8-10 butir buah ciplukan yang sudah anda masak sebelumnya. silahkan anda konsumsi buah yang sudah masak tersebut setiap hari.

Demikian info kesehatan mengenai Manfaat tanaman ciplukan untuk pengobatan herbal